Lowongan Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial (Pendamping dan Operator) 2016 - Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Program Keluarga Harapan memberikan kesempatan kepada para Calon Pelamar Putra Putri terbaik Indonesia untuk mengikuti seleksi Tenaga Kontrak untuk ditempatkan pada posisi berikut :
1. Pendamping PKH : 10.000 orang
2. Operator PKH : 10.000 orang
Deskripsi Pekerjaan :
Pendamping PKH
Persyaratan :
- Pendidikan minimal D3 atau sederajat dari seluruh disiplin ilmu, dan yang memiliki latar belakang pendidikan Pekerjaan Sosial atau Kesejahteraan Sosial.
- Di utamakan memiliki pengalaman dalam Penanganan dalam Pelayanan Kesejahteraan Sosial.
- Mampu mengoperasikan aplikasi perkantoran minimal Word,Exel,Power Point,dan Internet.
- Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini).
Tugas :
- Melakukan Pemutakhiran Data
- Memfasilitasi dan menyelesaikan kasus pengaduan
- Mengunjungi rumah peserta PKH
- Melakukan koordinasi dengan aparat setempat dan pemberi pelayanan pendidikan dan kesehatan.
- Melakukan pertemuan bulanan dengan ketua kelompok dan seluruh peserta PKH
- Melakukan temu kunjung bulanan dengan petugas kesehatan dan pendidikan di lokasi pelayanan
- Memberikan motivasi kepada peserta PKH dalam menjalankan komitmen
- Melakukan upaya yang sinergi antara pendamping PKH dengan pemberi pelayanan kesehatan dan pendidikan dalam pengisian formulir verifikasi
- Melakukan pencatatan dan pelaporan
Operator PKH
Persyaratan :
- Pendidikan minimal D3 diutamakan S1.
- Dapat menoperasikan komputer dan internet dan aplikasi pengolah data perkantoran.
- Diutamakan yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten/Kota pelaksana PKH.
- Diutamakan memiliki pengalaman dalam bidang informasi teknologi.
Tugas :
- Memastikan kelancaran proses validasi, pemuktahiran data dan verifikasi pada wilayah kerjanya.
- Melakukan koordinasi dengan operator di pusat dan di daerah (Provinsi/Kabupaten dan kecamatan) terhadap pelaksanaan PKH (validasi, pemuktahiran data dan verifikasi)
- Berkoordinasi dengan tenaga ahli UPPKH Pusat dan Koordinator kewilayahaan terhadap pelaksanaan PKH(validasi, pemuktahiran data, dan verifikasi)
- Melaporkan setiap permasalahan yang timbul pada proses validasi, pemuktahiran data dan verifikasi di wilayah kerjanya kepada penanggung jawab dari setiap permasalahan yang timbul.
Persyaratan Umum Operator dan Pendamping PKH Kemsos :
- Warga Negara Indonesia.
- Usia pada saat mendaftar maksimal 35 tahun.
- Sehat Jasmani dan rohani.
- Tidak menjadi anggota/pengurus/partisipan partai/anggota organisasi yang merupakan afiliasi dari partai politik.
- Bersedia bekerja purna waktu (Full Time).
- Memiliki Kendaraan Bermotor minimal roda dua.
- Mengikuti proses seleksi
Pengajuan Lamaran
Bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan, silakan melakukan pendaftaran secara online melalui laman resmi PKH Kemsos berikut ini :
Catatan :
- Pendaftaran dimulai tanggal 26 April 2016 sampai dengan tanggal 8 Mei 2016
- Bagi yang lolos seleksi administrasi, wajib membawa :
- Bukti Kelulusan Seleksi Administrasi harus di cetak dan ditunjukan pada saat daftar ulang
- Surat Lamaran
- Fotokopi KTP dan KTP Asli ditunjukan saat daftar ulang
- Surat keterangan domisili
- Fotokopi Ijasah Terakhir dan Transkip Nilai (dilegalisir)
- Pas foto ukuran 4 x 6 Sebanyak 2 Lembar
- Daftar Riwayat Hidup
- Fotokopi Piagam Penghargaan (Jika ada)
- Referensi Pekerjaan terakhir (Jika ada)
- Surat Keterangan sehat dari dokter setempat (tidak harus ke RS)
- Materai 6000 sebanyak 2 Lembar
- Dokumen yang dibawa sesuai dengan keterangan yang diisi pada saat pendaftaran online
- Berkas lamaran dibawa pada saat ujian dan menjadi hak Panitia Pusat
- Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya
- Video Petunjuk Pendaftaran :
Sumber : Situs Kementerian Sosial, 25 April 2016